Cho Hyun-Woo, Batu Sandungan Jerman Yang Pernah Ditolak Jadi Kiper

Sebuah fakta mengejutkan terungkap seputar masa lalu penjaga gawang Timnas Korea Selatan Cho Hyun-Woo. Pemain yang bertanggung jawab atas tersingkirnya Jerman dari Piala Dunia 2018 itu ternyata pernah ditolak untuk menjadi penjaga gawang karena posturnya yang ‘pendek’.

Pada hari Rabu (27/6) malam kemarin Timnas Jerman membuat seluruh dunia terkejut. Berstatus sebagai juara Piala Dunai 2014, Der Panzer harus pulang lebih dahulu dari Rusia setelah dikalahkan Timnas Korea Selatan yang notabene bukan tim unggulan dengan skor akhir 2-0.

Timnas Jerman sejatinya bukannya tanpa daya. Mereka mendominasi jalannya pertandingan bahkan hingga menit-menit akhir laga. Namun asa mereka untuk bermain di babak 16 besar itu harus sirna di tangan seorang penjaga gawang muda bernama Cho Hyun-woo

Semenjak wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan Jerman sudah langsung mengambil inisiatif serangan. Mereka tahu bahwa mereka butuh kemenangan pada laga ini, karena mereka tampil ofensif sejak awal laga.

Pada pertandingan tersebut, Jerman memang tampil agresif. Sepanjang pertandingan mereka melepaskan total 28 peluang ke gawang Korea, meski tidak semua merupakan peluang yang berbahaya. Bermain dengan skema bertahan, Jerman kerap menyerang melalui skema bola-bola atas. Namun kiper tangguh ini dengan mudah menggagalkan peluang peluang tersebut dengan tinggi badannya.

Tidak hanya itu, Hyun-Woo tercatat melakukan enam penyelamatan sepanjang laga berlangsung. Ada dua peluang emas yang ia gagalkan secara heroik, yaitu tendangan keras Toni Kroos di menit 88 dan juga tendangan mendatar gelandang Real Madrid itu beberapa menit berselang, namun lagi-lagi kiper 26 tahun itu sigap menjatuhkan badannya dan menepis peluang tersebut, alhasil ia dinobatkan menjadi man of the match pada pertandingan tersebut.