Runner-up Grup C Denmark akan menantang juara grup D Kroasia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (02/7). Denmark belum terkalahkan, tapi Kroasia lebih menakutkan.

Pemenang partai ini akan menghadapi Spanyol atau tuan rumah Rusia di perempat final.

Denmark adalah lawan yang berpotensi sangat merepotkan. Namun Kroasia masih lebih difavoritkan.

Denmark mengawali kiprah di turnamen ini dengan kemenangan tipis 1-0 atas Peru lewat gol tunggal Yussuf Poulsen. Setelah itu, Denmark bermain imbang 1-1 melawan Australia. Gol cepat Christian Eriksen tak cukup bagi mereka untuk mengamankan tiga angka. Di laga pemungkas fase grup, Denmark menahan imbang Prancis tanpa gol.

Setelah mengawali langkah dengan kemenangan, Danish Dynamiteberturut-turut meraih hasil imbang. Form ini berbeda dibandingkan dengan Kroasia.

Kroasia sejauh ini tampil sangat mengesankan. Tiga kemenangan dari tiga laga di ‘grup neraka’, mencetak tujuh gol dan hanya sekali kebobolan, membawa Kroasia melaju dengan catatan yang mengagumkan.

Kroasia berturut-turut mengalahkan Nigeria 2-0, Argentina 3-0, dan Islandia 2-1. Kapten Luka Modric telah menyumbang dua gol, sedangkan Ante Rebic, Ivan Rakitic, Milan Badelj dan Ivan Perisic menyumbang masing-masing satu.

Kroasia telah memenangi persaingan lawan Nigeria, Argentina dan Islandia di babak penyisihan grup. Kini, Denmark yang akan menjadi rintangan pertama mereka di fase knockout. (bola/gia)

Perkiraan Susunan Pemain

Perkiraan Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Subasic; Strinic, Vida, Lovren, Vrsaljko; Modric, Brozovic, Rakitic; Perisic, Mandzukic, Rebic.
Pelatih: Zlatko Dalic.

Denmark (4-2-3-1): Schmeichel; Larsen, Christensen, Kjaer, Dalsgaard; Delaney, Schone; Sisto, Eriksen, Poulsen; Jorgensen.
Pelatih: Age Hareide.

Prediksi Skor

Prediksi Skor

Sama-sama baru kebobolan satu gol, laga ini diperkirakan akan berlangsung cukup ketat.

Melawan tim yang di atas kertas lebih kuat, Denmark cenderung main bertahan sambil menunggu kesempatan untuk melakukan counter attack. Hal ini dapat membuat Kroasia kesulitan membangun serangan.

Namun Kroasia memiliki gelandang-gelandang top yang piawai dalam mengatur tempo permainan. Mereka tidak bakal terburu-buru untuk mencetak gol pembuka.

Tidak mengejutkan jika laga ini nanti berkesudahan imbang tanpa gol di babak pertama, lalu berakhir dengan kemenangan untuk Kroasia. Pasalnya, dari 11 gol terakhir yang dicetak Kroasia, 10 di antaranya mereka ciptakan di babak kedua.