Timo Werner sangat yakin Jerman akan lolos ke babak 16 besar dan menjuarai Piala Dunia 2018.

Berita Bola – Kekalahan 0-1 dari Meksiko pada laga pertama Grup F Piala Dunia 2018, Minggu (17/6), bukanlah kiamat bagi juara bertahan Jerman. Masih terbuka lebar peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Dalam pertandingan di Stadion Luzhniki kemarin, Tim Panzer yang begitu diunggulkan, secara mengejutkan harus menyerah 0-1 kepada Meksiko melalui gol yang dicetak oleh Hirving Lanzano di menit ke-35.

Untuk bisa lolos ke fase knock-out, Jerman harus menyapu bersih dua laga penyisihan grup berikutnya, yaitu melawan Swedia dan Korea Selatan. Sebuah tugas yang tidak mudah tentunya mengingat kedua tim juga dipastikan ingin tampil habis-habisan guna merebut tiket ke babak 16 besar.

Ada rasa percaya diri tinggi yang dimiliki pemain-pemain Jerman untuk melewati fase grup. Hal itu diungkapkan oleh penyerang muda, Timo Werner. Dia sangat yakin timnya berpeluang mempertahankan gelar Piala Dunia meskipun harus memulai turnamen dengan kekalahan.

Werner mengacu pada pengalaman Spanyol yang sukses menjadi juara di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ketika itu, Spanyol yang menghuni Grup H, menyerah kalah 0-1 dari Swiss pada laga pertama. Tapi mereka lolos penyisihan grup setelah memenangi dua laga berikutnya, yaitu kalahkan Honduras 2-0 dan Chile 2-1.

Di fase knock out, Spanyol berturut-turut mengalahkan Portugal 1-0 di perdelapan final, vs Paraguay 1-0 di perempat final. Jerman 1-0 di semi final, dan menjadi juara setelah mengalahkan Belanda 1-0 di final.

Striker Jerman Berkaca Pada Sukses Spanyol di Piala Dunia 2010

“Lebih baik kalah pada pertandingan pembuka daripada kalah pada laga keempat atau kelima. Spanyol kalah pada laga pembuka pada Piala Dunia 2010 tetapi mereka mengakhiri turnamen dengan juara,” kata Werner seperti dikutip dari Four Four Two.

Pemain RB Leipzig berusia 22 tahun itu juga menambahkan, Jerman tidak akan larut meratapi kekalahan ini dan akan berbenah pada laga selanjutnya.

“Kami (Jerman) masih bisa menjadi juara. Kami adalah Jerman yang ingin selalu menang di setiap laga, itu sangat jelas,” tegasnya.

“Hal seperti ini bisa terjadi setiap saat, Anda pasti suatu saat akan kalah. Kami akan segera bangkit untuk menemukan solusi terbaik,” tambahnya.

Jerman untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen Grup F tanpa poin. Mereka berada di belakang Meksiko dan Swedia yang sama-sama memiliki tiga poin dari sekali bertanding. Swedia menang 1-0 atas Korea Selatan pada laga Senin (18/6) malam.